Kelebihan dan Kekurangan Speaker Aktif

Admin


Kini benda seperti speaker aktif terbaik sudah dapat kita temui di mana saja dan kapan saja. Sebagai sarana hiburan, speaker memiliki kekurangan dan kelebihan yang dapat ditemukan di dalam setiap perangkatnya.

Kelebihan-kelebihan speaker aktif antara lain:
1. Ringkas, tidak berurusan dengan banyak kabel. Lebih sederhana karena speaker dan power menjadi satu.

2. Hemat waktu, karena waktu yang dibutuhkan untuk pengaturan (setting) lebih sedikit.

3. Lebih murah, bila dibandingkan dengan membeli speaker dengan amplifier secara terpisah.

4. Bi-amplifikasi, memisahkan frekuensi tinggi dan rendah untuk mengurangi distorsi secara otomatis.

5. Kuat, perlindungan overload lebih baik sebab kekuatan power dan speaker sudah diukur dan dicocokkan oleh pabrik.

6. Kualitas audio terjaga, karena jarak kabel dari power ke speaker sangat dekat sehingga mengurangi penurunan kualitas audio yang dihantarkan dari power ke speaker.

Kelebihan-kelebihan tersebut dapat dijadikan sebagai tolok ukur ketika anda akan memutuskan untuk membeli sebuah speaker. Di samping itu, kita juga harus mengetahui kekurangan-kekurangannya yang dapat menjadi hambatan dalam pemakaiannya.

Beberapa kekurangan speaker aktif sebagai berikut:
1. Lebih berat, sebab power langsung ada di dalam body speaker.

2. Kerusakan universal, ketika salah satu komponen rusak maka kemungkinan kerusakan terjadi ke seluruh speaker hingga tidak dapat digunakan kembali.

3. Tombol terpisah, antara volume dan power terpisah dari ruang operator.
Di samping kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh speaker aktif, masih banyak aspek-aspek yang dapat anda jadikan sebagai pertimbangan sebelum membeli. Mulai dari desain, kualitas, dan harga yang cocok dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Desain yang menarik akan menambah nilai visualnya dan kualitas bahan bakunya akan membuat speaker tersebut mengeluarkan suara yang lebih jernih dan enak didengar. Speaker aktif dengan desain yang bagus dapat disandingkan dengan perabotan di dalam rumah sehingga menambah estetika tata ruang. Suara yang bagus dan terbuat dari bahan-bahan berkualitas akan menambah pengalaman mendengarkan musik atau kegiatan lainnya lebih berwarna dan anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama sebab bahan berkualitas tidak mudah rusak.

Namun, anda juga harus rajin-rajin membersihkan dan melakukan pengecekan komponen speaker dalam perawatannya. Membersihkan perangkat dari debu akan menghindarkan kerusakan komponen yang disebabkan oleh kotoran-kotoran yang menempel. Penyimpanan dan peletakan juga menjadi salah satu faktor awet dan tidaknya speaker tersebut. Ketika anda telah menemukan setting yang tepat untuk mendengarkan, usahakan anda menggunakan kemampuan speaker tersebut semaksimal mungkin tanpa memaksa komponen bekerja lebih keras. Peletakan yang tepat akan membuat suara yang dihasilkan lebih jernih, penyimpanan yang baik dan benar seperti menghindarkannya dari paparan cahaya langsung akan membuat speaker tersebut lebih tahan lama.

Baca juga : Mengenal 5 jenis speaker aktif
loading...
Previous
« Prev Post